Jokowi Pastikan Holtekamp Pacu Perekonomian di Jayapura

Jokowi Pastikan Holtekamp Pacu Perekonomian di Jayapura
Presiden Jokowi meninjau jembatan Holtekamp di Jayapura, Pupua yang ditarget selesai dibangun akhir 2018 ini. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua, yang diperkirakan akan selesai akhir 2018 diyakini mampu memacu perekonomian di kawasan setempat.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan jembatan Holtekamp dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Papua, Kamis (12/4).

"Saya kira ini menjadi jembatan yang paling panjang yang kita harapkan akan menumbuhkan titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya," ucap Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi.

Keyakinan mantan gubernur DKI Jakarta itu karena keberadaan jembatan Holtekamp memperpendek jarak dari kota Jayapura ke Skouw yang biasanya ditempuh 2,5 jam, dengan jembatan ini bisa ditempuh 1 jam.

Jembatan sepanjang 1.328 meter termasuk bentang utama 732 meter ini berada di atas Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua.

Dibangunnya Jembatan Holtekamp, selain memperlancar konektivitas juga akan mendorong pengembangan wilayah Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah Skouw.

Hal ini juga ditunjang dengan pengembangan kawasan perbatasan Skouw sebagai embrio pusat ekonomi baru yang telah selesai bangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan dilanjutkan dengan pembangunan pasar.

"Ini dikerjakan dengan kolaborasi antara pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat. Ada bagian-bagiannya sendiri-sendiri, yang bagus di situ," kata Jokowi.

Jembatan Holtekamp ini berada di atas Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News