Jokowi Pengin Dana Desa Naik Setiap Tahun

Jokowi Pengin Dana Desa Naik Setiap Tahun
Presiden Joko Widodo di Trenggalek, Jawa Timur. Foto: Biro Pers

jpnn.com, TRENGGALEK - Presiden Joko Widodo menyosialisasikan prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2019 kepada para pendamping desa dan perangkat desa dari seluruh Jawa Timur, dalam kunjungan kerjanya pada Jumat (4/01).

Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu menjelaskan, dana desa pada tahun ini dianggarkan sebanyak Rp 70 triliun untuk seluruh desa di tanah air. Ditambah lagi dengan dana kelurahan Rp 3 triliun, sehingga totalnya Rp 73 triliun.

Dalam sosialisasi yang berlangsung di alun-alun Trenggalek, Kabupaten Trenggalek itu, Jokowi menginginkan agar anggaran dana desa ini dapat terus meningkat tiap tahunnya.

"Bukan karena apa-apa. Dari hasil survei yang kita lakukan, 85 persen masyarakat puas terhadap pengelolaan dana desa dan bermanfaat bagi masyarakat dan desa," kata Jokowi.

Terkait penggunaan dana desa, Jokowi meminta supaya ke depannya para kepala desa dan pendamping dana desa mulai memprioritaskannya untuk pemberdayaan ekonomi dan pengembangan inovasi desa.

"Kemarin dalam empat tahun kita lebih konsentrasi pada infrastruktur. Tetapi mulai tahun ini digeser. Tidak semua, tapi mulai digeser kepada pemberdayaan ekonomi. Digeser kepada inovasi-inovasi yang baru," jelasnya.

Pada acara itu hadir mendmpingi Jokowi, antara lain Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Trenggalek Emil Dardak, dan Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo menyosialisasikan prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2019 kepada para pendamping dan perangkat desa se-Jawa Timur


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News