Jokowi Pengin Tol Ciawi-Cigombong Beroperasi Tiga Bulan Lagi

Jokowi Pengin Tol Ciawi-Cigombong Beroperasi Tiga Bulan Lagi
Presiden Joko Widodo saat mengendarai chopper di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, SUKABUMI - Presiden Joko Widodo menginginkan proyek jalan tol ruas Ciawi-Sukabumi bisa beroperasi pada Juli tahun ini. Tol sepanjang 15,35 kilometer itu merupakan bagian dari proyek jalan bebas hambatan Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Kita harapkan nanti bulan Juli ini dari Ciawi sampai Cigombong kita buka. Kemudian sampai ke Cibadak kira-kira 2019 akan selesai. Sampai Sukabumi Timur 2020 selesai," ujar Jokowi -panggilan akrab Joko Widodo ketika meninjau langsung proyek tol Bocimi, Minggu (8/4).

Jokowi meninjau proyek Tol Bocimi dalam perjalanan kembali dari Stasiun Cibadak di Kabupaten Sukabumi menuju Bogor. Mantan gubernur DKI itu menyempatkan diri melihat lokasi proyek yang terletak antara Stasiun Cicurug dan Stasiun Cigombong.

Menurut Jokowi, titik utama kemacetan jalur Ciawi-Sukabumi berada di sekitar Cibadak. Oleh karena itu, jika Tol Bocimi ini sudah rampung, maka akan bisa mengurai kemacetan.

"Kalau dari Ciawi ke Cigombong itu sudah buka itu akan mengurai kemacetan yang lumayan besar. Apalagi kalau sudah sampai Cibadak karena sekarang ini paling ruwetnya ada di Cibadak. Jadi kalau sudah sampai ke sana 2019 akan mengurai kemacetan yang sangat banyak," lanjutnya.

Jokowi memastikan pembangunan Tol Bocimi secara keseluruhan sudah berjalan baik. Hanya saja, Presiden Ketujuh RI itu belum menerima laporan rinci tentang masalah pembebasan lahan.

"Tidak ada masalah, progresnya baik. Biasanya dalam pembebasan ada satu atau dua (masalah). Ini tidak ada laporan ke saya dari PU maupun dari BUMN yang mengerjakan. Semuanya progresnya baik tinggal nunggu nanti bulan Juli insyaallah sudah bisa kita operasikan yang Ciawi-Cigombong," katanya.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi meninjau proyek Tol Bocimi dalam perjalanan kembali dari Stasiun Cibadak di Kabupaten Sukabumi menuju Bogor.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News