Jokowi Peringatkan Amerika: Gangguan di Asia Tenggara Bisa Mengacaukan Dunia

Jokowi Peringatkan Amerika: Gangguan di Asia Tenggara Bisa Mengacaukan Dunia
Presiden Joko Widodo (kanan), berjalan bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, sebelum ASEAN-US Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya/foc/aa. Foto: ANTARA FOTO/DWI PRASETYA

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Amerika Serikat (AS) bahwa segala gangguan yang terjadi di Asia Tenggara dapat mengacaukan ekonomi dan keamanan global.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi setelah mendampingi Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 ASEAN-AS di Jakarta, Rabu.

“Presiden juga menyampaikan bahwa stabilitas kawasan merupakan kepentingan bersama,” ucap Retno kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Jokowi itu muncul di tengah persaingan dua kekuatan besar dunia, AS dan China, untuk berebut pengaruh di Indo-Pasifik. Perebutan pengaruh itu dikhawatirkan mengancam kestabilan dan perdamaian di kawasan.

Dalam pertemuan puncak itu, Presiden Indonesia sebagai koordinator ASEAN–AS juga menyampaikan bahwa kemitraan ASEAN-AS tidak hanya menguntungkan ASEAN, tetapi juga menguntungkan Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan bahwa semua mitra harus mendukung sentralitas ASEAN dan menjauhkan persaingan yang tidak sehat, kata Retno.

Presiden juga menyampaikan bahwa kemitraan ASEAN–AS perlu diarahkan untuk meningkatkan ketahanan pangan, ketahanan energi, dan mengatasi perubahan iklim tanpa menghambat pembangunan negara-negara berkembang.

Sementara itu, AS yang dipimpin oleh Wakil Presiden Kamala Harris menyatakan bahwa Washington memiliki komitmen yang kuat terhadap Asia Tenggara dan Indo-Pasifik, dan mendukung sentralitas ASEAN.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan bahwa semua mitra harus mendukung sentralitas ASEAN dan menjauhkan persaingan yang tidak sehat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News