Jokowi-Puan Klop, Cuma Ini Resikonya

Jokowi-Puan Klop, Cuma Ini Resikonya
Menko PMK Puan Maharani di Istana Negara. Foto: Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Joko Widodo-Puan Maharani diyakini bisa menjadi pasangan yang cocok jika nanti maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Karena berasal dari partai yang serumpun, jadi chemistry dan ideologi perjuangan ke duanya sudah terbangun sejak lama," ujar pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Jakarta Adi Prayitno kepada JPNN, Sabtu (2/9).

Keuntungan paling nyata ketika ke duanya nanti berpasangan kata Adi, tak perlu lagi memulai segala sesuatunya dari awal saat terpilih nantinya.

"Namun peluang Jokowi berpasangan dengan Puan kemungkinan mendapat tantangan terbesar dari partai politik yang selama ini mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla," ucapnya.

Menurut Adi, partai-partai tersebut bisa saja kemudian berbalik mendukung pasangan calon presiden lain nantinya. Karena selama ini juga berkeinginan menduetkan kader terbaiknya dengan Jokowi.

"Misalnya PKB, sekarang terkesan mulai 'mengelus' Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,red) untuk mendampingi Jokowi. Begitu juga dengan PAN dan Golkar, juga berhasrat mengunci kursi nomor 2 sebagai pendamping Jokowi," pungkas Adi.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News