Jokowi Puji Keberhasilan Polri Menangani Unjuk Rasa Anarkistis

Jokowi Puji Keberhasilan Polri Menangani Unjuk Rasa Anarkistis
Presiden Joko Widodo saat meninjau pasukan pada HUT Bhayangkara Polri ke 73 di Jakarta, Rabu (10/7). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Polri sehingga mampu membuat stabilitas dalam negeri kondusif. Seluruh agenda kemasyarakatan terselenggara dengan baik, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idulfitri 2019.

"Kami juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya di Acara HUT Ke-73 Bhayangkara di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Selain itu, lanjut Presiden, Polri juga turut terlibat aktif bersama lembaga-lembaga lain dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air

BACA JUGA: Yenny Wahid: Prestasi Polri Luar Biasa Meski Ada Noda

Polri juga telah mengungkap berbagai tindak kriminal, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi.

"Seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkistis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi juga menganggap Polri mampu memberantas kejahatan korupsi dalam negeri. Sepanjang 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

"Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama enam tahun berturut-turut," kata Jokowi. (tan/jpnn)


Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Polri sehingga mampu membuat stabilitas dalam negeri kondusif. Seluruh agenda kemasyarakatan terselenggara dengan baik


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News