Jokowi Puji Kecerdasan Aipda Anang Mengatasi Karhutla

Jokowi Puji Kecerdasan Aipda Anang Mengatasi Karhutla
Presiden Joko Widodo saat meninjau sisa bekas Karhutla tahun 2015. Dua tahun setelahnya, Indonesia berhasil bebas bencana asap. Foto for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018, di Istana Negara, Selasa (6/2), Presiden Joko Widodo menyinggung soal pentingnya para petugas di lapangan memiliki kecerdasan dan mampu berinovasi.

Presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi, mencontohkan kecerdasan lapangan yang ditunjukkan oleh Aipda M. Anang Rofiq, anggota Bhabinkamtibmas Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan.

Aipda Anang, dalam upayanya menangani kebakaran hutan di daerahnya, memodifikasi motor pribadi menjadi sebuah kendaraan pemadam kebakaran yang diberi nama dengan sebutan Motal. Inisiatif tersebut mendapatkan apresiasi secara khusus dari Presiden Joko Widodo.

"Saya senang ketemu inisiatif menciptakan motor yang dimodifikasi dengan selang air. Hal-hal seperti ini praktis, di lapangan bisa dipakai sehingga bisa menjangkau hotspot di wilayah yang sulit dijangkau mobil-mobil pemadam," ucap Presiden.

Di Banjarmasin sendiri, menurut Aipda Anang, sering sekali terjadi karhutla. Namun, area terdampak yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam mengakibatkan penanganan kebakaran menjadi sulit. Kondisi itulah yang membuatnya mencari ide untuk penanganan kebakaran yang optimal.

Aipda Anang menuturkan bahwa ide modifikasi Motal didapatnya dari YouTube, di mana dia melihat video seorang petani yang mengairi sawahnya dengan menggunakan alat pompa air yang dihubungkan ke sepeda motor.

"Saya punya sepeda motor yang tidak terpakai di rumah, jadi kenapa tidak saya pakai untuk itu," ujarnya di forum tersebut.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi senang bertemu inisiatif menciptakan motor yang dimodifikasi dengan selang air. Hal-hal seperti ini praktis.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News