Jokowi Resmikan Bendungan Seharga Rp 1,27 Triliun, Punya Spesifikasi Luar Biasa

Jokowi Resmikan Bendungan Seharga Rp 1,27 Triliun, Punya Spesifikasi Luar Biasa
Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Selasa (23/11). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Selasa (23/11).

Bendungan dengan kapasitas tampung 40,50 juta meter kubik dan luas genangan 145 hektare itu menghabiskan anggaran Rp 1,27 triliun.

"Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp 1,27 triliun hari ini, alhamdullilah, telah selesai dan siap untuk kami resmikan," kata presiden dalam sambutannya.

Pria yang akrab disapa Jokowi menjelaskan terdapat dua kabupaten yang mendapatkan manfaat dari bendungan ini, yakni Gowa dan Janeponto.

Sebanyak tujuh hektare lahan pertanian mendapat pengairan.

Melalui manfaat tersebut, Jokowi mengharapkan Bendungan Karalloe dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani.

"Dengan adanya Bendungan Karalloe ini, petani yang sebelumnya dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti insyaallah bisa dua kali panen," ungkapnya.

Selain itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengharapkan keberadaan Bendungan Karalloe dapat mengurangi banjir di Kabupaten Jeneponto hingga 49 persen.

Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan yang memakan anggaran Rp 1,27 triliun di Sulawesi Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News