Jokowi: Roadmap Pencalonan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032 Harus Matang

Jokowi: Roadmap Pencalonan Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032 Harus Matang
Presiden Jokowi bicara soal persiapan pencalonan Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk terus mempersiapkan diri agar Indonesia bisa terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032.

Setelah sukses menjadi tuan rumah ajang olahraga Asian Games dan Asian Para Games di tahun 2018 lalu, Indonesia kini membidik untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga akbar lainnya yakni Olimpiade 2032.

Jokowi menyebut, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik di dalam ajang internasional.

"Oleh sebab itu, 2018 Indonesia secara resmi telah mencalonkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade di 2032," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik Rencana Pencalonan Indonesia menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Rabu (4/11).

"Untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kita harus bersaing dengan Australia, dengan Jerman, dengan Unifikasi Korea, dengan Qatar, dengan RRT, dan India." 

Presiden menjelaskan, menjadi tuan rumah Olimpiade bukan untuk gagah-gagahan melainkan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan pencalonan ini harus dijadikan sebagai momentum untuk menata diri.

"Untuk memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang, mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, kemudian yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara dan sebagainya," imbuhnya.

Presiden Jokowi meminta jajarannya menyiapkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, ia menyadari hal itu sulit karena memiliki banyak saingan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News