Jokowi Salurkan Hewan Kurban ke 34 Provinsi, 1 Daerah Sempat Menolak, Ada Apa?

Jokowi Salurkan Hewan Kurban ke 34 Provinsi, 1 Daerah Sempat Menolak, Ada Apa?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan hewan kurban berupa sapi ke 34 provinsi dalam rangka menyambut Hari Iduladha. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan hewan kurban berupa sapi ke 34 provinsi dalam rangka menyambut Hari Iduladha. Dari 34 provinsi itu, ada satu daerah yang awalnya mengajukan keberatan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan sapi yang diserahkan memiliki bobot bervariasi, dengan rata-rata 800 kilogram hingga satu ton.

Dia menerangkan satu provinsi, yakni Kepulauan Riau menolak untuk menerima sapi dengan berat minimal yang diberikan Istana.

Pihak Istana lalu memberikan dua sapi yang jika ditotal mendekati bobot minimal.

"Ada satu daerah (Kepulauan Riau) yang memang terkendala tadi hanya batasannya itu di bawah batasan yang kami tetapkan, maka kami berikan dua ekor sapi," kata Heru saat memberikan keterangan pers, Jumat (8/7).

Heru menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan para gubernur di seluruh Indonesia terkait penyaluran hewan kurban tersebut.

“Tadi pagi kami sudah berkoordinasi dengan para gubernur, bahkan beberapa gubernur hadir sendiri. Yang pertama adalah hampir semua provinsi itu diserahkan (hewan kurban) oleh gubernur langsung dan ada beberapa oleh wakil gubernur,” ujar Kasetpres.

Kasetpres memastikan hewan kurban yang disalurkan nanti telah melewati serangkaian tahapan pengecekan kesehatan untuk memastikan sapi dalam keadaan sehat

Provinsi Kepulauan Riau sempat menolak untuk menerima sapi dengan berat minimal yang diberikan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News