Jokowi Sampaikan Tiga Pesan Utama di Forum APEC Vietnam

Jokowi Sampaikan Tiga Pesan Utama di Forum APEC Vietnam
Pertemuan Ke-25 Pemimpin Ekonomi APEC di Da Nang, Vietnam. Foto: Setpres

jpnn.com, VIETNAM - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga pesan utama saat menghadiri Pertemuan Ke-25 Pemimpin Ekonomi APEC di Da Nang, Vietnam pada Sabtu (11/11.

Dalam sesi Working Lunch yang mengusung tema "Fostering A Shared Future", Presiden yang akrab disapa Jokowi menekankan pentingnya pembangunan inklusif yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum.

Dia menyebutkan bahwa data menunjukkan terjadinya peningkatan kesejahteraan dan penurunan kemiskinan di APEC, tapi kemajuan pembangunan masih belum merata.

Kemudian, proses globalisasi juga menghasilkan ketimpangan pendapatan kronis karena manfaat yang tak merata.

"Apabila tidak diperbaiki maka situasi tersebut akan menyebabkan suburnya pemikiran dan gerakan proteksionisme serta anti-globalisasi yang meluas," ujar Jokowi.

Kedua, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong APEC untuk segera menyelesaikan agenda Bogor Goals yang belum tuntas (unfinished business).

Mengingat selama 23 tahun “Bogor Goals” telah menjadi kekuatan pendorong kerja sama APEC.

"Bogor Goals mencerminkan pentingnya perdagangan dan investasi bebas serta terbuka dan juga perwujudan pertumbuhan ekonomi serta kemakmuran rakyat," tutur Presiden.

Terakhir, Presiden Jokowi mengajak seluruh anggota APEC untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan inovasi dalam visi pasca 2020.

Sejumlah langkah antisipatif dan adaptif harus dilakukan APEC guna mengurangi jurang ketimpangan pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News