Jokowi Sebut Dua Kunci untuk Menjaga Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi Sebut Dua Kunci untuk Menjaga Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2017 di Jakarta, Kamis (27/7). Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Menjaga sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi merupakan dua kunci utama dalam pengelolaan ekonomi yang sedang menjadi fokus pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7).

Dalam kesempatan itu, Jokowi-sapaan presiden meminta seluruh pemerintah pusat maupun daerah dalam mengelola perekonomian harus diarahkan pada dua poin tersebut.

Saat ini, menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dikatakan masih berada pada kondisi yang baik bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga terpengaruh oleh kondisi perekonomian global yang melemah.

Demikian pula dengan inflasi, sebagaimana yang disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Indonesia sesungguhnya telah memasuki era inflasi rendah beberapa waktu belakangan.

"Alhamdulillah, tadi sudah disampaikan Gubernur BI, 2015 inflasi kita berada pada angka 3,35. Kemudian di 2016 3,02 dan di kuartal satu berada pada angka kisaran empat persen. Artinya kita sudah mulai masuk ke era inflasi rendah di negara kita,” kata Jokowi di forum itu.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi, katanya, negara memang membutuhkan tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat yang tinggi dalam upaya meningkatkan pertumbuhan. Oleh karenanya, daya beli ini harus terus dipantau agar tetap terjaga.

Selain itu, belanja pemerintah juga merupakan salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam hal ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar pemerintah pusat maupun daerah untuk segera membelanjakan anggaran yang dimiliki.

Menjaga sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi merupakan dua kunci utama dalam pengelolaan ekonomi yang sedang menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News