Jokowi Sebut Ekonomi Bali dan Jakarta Paling Terdampak, Papua Tumbuh Positif

Jokowi Sebut Ekonomi Bali dan Jakarta Paling Terdampak, Papua Tumbuh Positif
Presiden Jokowi bicara soal pandemi COVID-19 yang menghantam ekonomi. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan hampir seluruh provinsi di Indonesia mengalami dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Meski begitu, menurut Jokowi ada dua provinsi yang sejauh ini pertumbuhan ekonominya masih positif.

"Provinsi yang tertinggi pertumbuhan ekonominya adalah Papua. Papua tertinggi 4,52 persen, Papua Barat 0,53 persen," kata Presiden dalam rapat terbatas bersama para gubernur melalui telekonferensi, Selasa (1/9).

Jokowi melanjutkan, Sulawesi Tengah juga termasuk salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbaik Indonesia.

Kendati demikian, Sulawesi Tengah sudah tumbuh minus 0,06 persen, tetapi itu cenderung aman dibanding provinsi-provinsi lainnya.

"Kemudian yang kontraksinya terlalu besar, memang tiga provinsi yang ada di layar, yaitu Bali berada pada posisi minus 10,98 persen. Ini karena memang turis wisata itu betul-betul sangat mendominasi ekonomi di Bali sehingga kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi di Bali berkontraksi begitu sangat tajam," kata Jokowi.

Ia melanjutkan, DKI Jakarta juga mengalami kontraksi ekonomi dengan posisi minus 8,22 persen. Setelah itu posisi ketiga dialami oleh Yogyakarta dengan minus 6,74 persen.

"Itu yang yang tiga besar saja, yang lain ya berada pada posisi hampir seperti rata-rata nasional," kata Jokowi. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Presiden Jokowi memaparkan kondisi pertumbuhan ekonomi berdasarkan provinsi di mana Papua paling baik dan Bali terburuk.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News