Jokowi Sindir Partai Minta Syarat Bisa Mengarah ke Golkar

Jokowi Sindir Partai Minta Syarat Bisa Mengarah ke Golkar
Jokowi Sindir Partai Minta Syarat Bisa Mengarah ke Golkar

jpnn.com - JAKARTA - Joko Widodo menghadiri deklarasi Manifesto Rakyat yang tak Berpartai di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (26/5). Pria yang karib disapa Jokowi itu mengenakan kemeja putih tiba sekitar pukul 16.39.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyinggung kerjasama tanpa syarat seperti yang telah dibangun PDIP, NasDem, PKB, Hanura dan PKPI di Pilpres 2014.

"Pertama seperti yang sudah diketahui bahwa kerjasama partai yang kita bangun, itu kerjasama tanpa syarat," kata Jokowi.

Kenapa kerjasama itu tanpa syarat? Jokowi menjelaskan, karena dia selalu menyampaikan kepada rekan kerjasama partai untuk harus mendorong partai agar menjadi sebuah alat perjuangan.

"Kita harus mendorong partai agar mementingkan dan memikirkan kepentingan rakyat bangsa dan negara. Partai yang datang kepada kami, kami sampaikan tanpa syarat loh, tanpa syarat loh. Ya ada yang balik, enggak mau ya enggak apa-apa. Itu sudah kami sampaikan di awal-awal," kata Jokowi lagi.

Pernyataan Jokowi ini seolah menyidir sejumlah partai yang pernah ingin menjalin kerjasama dengan PDIP mengusung pencapresannya. Misalnya Golkar, saat Ketumnya Aburizal Bakrie (Ical) bertemu Jokowi di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, 13 Mei lalu. Namun belakangan Golkar memutuskan berkoalisi mengusung pasangan Prabowo-Hatta.

Jokowi juga menyinggung ketua partai yang jadi capres. Dia menjelaskan, Jokowi - JK bukan ketua partai. Menurutnya, hal ini harus mendapatkan apresiasi.

Karena, kata Jokowi, PDIP tidak mencalonkan Megawati Soekarnoputri. Begitu juga Surya Paloh (NasDem), Muhaimin (PKB), Wiranto, Sutiyoso juga tak mencalonkan diri sebagai cawapres. "Justru mengangkat Pak JK sebagai cawapres," tegas pria ceking ini.

JAKARTA - Joko Widodo menghadiri deklarasi Manifesto Rakyat yang tak Berpartai di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (26/5). Pria

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News