Jokowi Targetkan 3 Tahun Lagi Kendaraan Listrik Banyak Bermunculan di Indonesia

Jokowi Targetkan 3 Tahun Lagi Kendaraan Listrik Banyak Bermunculan di Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara peningkatan kasus Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo menargetkan sebanyak 2 juta unit kendaraan listrik akan dikendarai oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2025 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan pria yang akrab disapa Jokowi itu saat meluncurkan uji coba ekosistem kendaraan listrik di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (22/2).

"Kami targetkan di tahun 2025 sebanyak 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat Indonesia dan selanjutnya menuju pasar ekspor," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong para pemangku kepentingan, pemerintah dan swasta bisa bisa mengembangkan dan produksi kendaraan dan baterai hingga infrastruktur kendaraan listri dalam kapasitas jumlah besar.

"Sehingga betul-betul ekosistem kendaraan listrik ini terbangun dan siap berkompetisi dengan negara lain," kata dia.

Jokowi juga melihat bagaimana kendaraan listrik untuk mengisi daya tidak memakan waktu lama.

"Saya kira proses manajemen seperti ini diinginkan oleh pemakai kendaraan dan menarik minat mereka ke kendaraan listrik karena lebih murah dan tidak timbulkan polusi," jelas Jokowi.

Oleh sebab itu, dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik hulu ke hilir, dia berharapkan negara Indonesia mampu merajai, menjadi produsen dari kendaraan listrik.

Presiden Indonesia Joko Widodo menargetkan sebanyak 2 juta unit kendaraan listrik akan dikendarai oleh masyarakat Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News