Jokowi Tegaskan Pentingnya Hubungan dengan India

Jokowi Tegaskan Pentingnya Hubungan dengan India
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi menggelar konferensi pers bersama di Istana Merdeka, Rabu (30/5). Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Persiden Joko Widodo senang menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) India H.E Narendra Modi beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5).

Dalam pernyataan pers bersama dengan PM Modi, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, mengatakan bahwa sejarah hubungan Indonesia dan India sangatlah panjang dan dihiasi dengan persahabatan yang kuat.

"Kita patut bersyukur bahwa hubungan yang kuat ini dapat terus diperlihara sampai sekarang dan India adalah mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi," ucap Jokowi.

Dalam penuturannya, Jokowi juga mengatakan bahwa India adalah mitra dagang ekspor terbesar Indonesia di Asia Selatan dan tengah dengan nilai hampir USD 15 miliar.

"Wisatawan India juga meningkat tajam, naik 28 persen dengan jumlah hampir 500 ribu wisatawan di tahun 2017. Penerbangan Indonesia-India dalam kurun dua tahun ini meningkat dari tidak ada menjadi 28 kali per minggu," terang mantan wali kota Surakarta.

Karena itu, Jokowi mengaku bersepakat dengan PM Modi untuk terus menjadikan ekonomi kedua negara terbuka. Dia juga berharap negosiasi regional comprehensive economic partnership dapat diselesaikan pada tahun ini tahun 2018. (fat/jpnn)


Persiden Joko Widodo senang menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) India H.E Narendra Modi beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News