Jokowi Teken Perpres, Jumlah Jabatan Wakil Menteri Bertambah

Jokowi Teken Perpres, Jumlah Jabatan Wakil Menteri Bertambah
Presiden Jokowi meneken Perpres Kementerian ESDM untuk penambahan jabatan wakil menteri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah jabatan di kabinet untuk wakil menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Jabatan itu terbuka setelah Jokowi meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2021 tentang Kementerian ESDM pada 25 Oktober 2021.

"Dalam memimpin Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden," bunyi Pasal 2 Ayat (1) Perpres itu seperti yang dilihat pada Senin (22/11).

Meskipun diangkat dan diberhentikan oleh presiden, wakil menteri tetap berada di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri.

Ruang lingkup bidang tugas wakil menteri ESDM, antara lain, membantu menteri dalam perumusan sekaligus melaksanakan kebijakan Kementerian ESDM.

Kemudian, mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM.

Dalam Perpres itu dijelaskan menteri dan wakil menteri merupakan satu kesatuan unsur pemimpin kementerian.

Kementerian ESDM sekarang dipimpin sendiri oleh Arifin Tasrif tanpa posisi wakil menteri.

Presiden Jokowi menambah jumlah jabatan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju dengan meneken Perpres Kementerian ESDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News