Jokowi Terharu Atas Kerja Keras Tenaga Kesehatan

Jokowi Terharu Atas Kerja Keras Tenaga Kesehatan
Tangkap layar- Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA/Desca Lidya Natalia

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa kerja keras dan penuh pengabdian para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lain dalam menangani pandemi Covid-19 sangat mengharukan dan membanggakan.

"Yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja keras dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang lain," kata Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (16/8). 

Jokowi menilai penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta juga mengalami peningkatan yang menggembirakan saat pandemi Covid-19. Menurut dia, layanan kesehatan di banyak daerah bertambah cukup signifikan, baik dalam hal penambahan kapasitas tempat tidur, maupun fasilitas pendukungnya. 

Namun, Presiden mengakui kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus dipecahkan. 

Meski demikian, kata dia, pandemi telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan vaksin merah putih, dan juga oksigen untuk kesehatan. 

Presiden Jokowi menegaskan ketersediaan dan keterjangkauan harga obat akan terus dijamin.

"Tidak ada toleransi sedikitpun terhadap siapa pun yang mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan ini,” katanya. 

Selain itu, pemerintah bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional," tutur Presiden.

Presiden Joko Widodo menegaskan kerja keras dan penuh pengabdian para dokter, perawat dan nakes dalam menangani Covid-19 sangat mengharukan dan membanggakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News