Jokowi: Tingkatkan Kerja Sama Maritim ASEAN-India

Jokowi: Tingkatkan Kerja Sama Maritim ASEAN-India
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menuju Singapura. Foto: Setpres

jpnn.com, SINGAPURA - Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan maritim, sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat perdamaian dan stabilitas.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura pada Kamis (15/11).

Pertemuan tersebut selain dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, juga dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim," kata Presiden.

Jokowi meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila dilakukan penguatan di kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan mengedepankan persaingan.

"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," tegas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Melalui kerja sama Indo-Pasifik, lanjut Presiden, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat, dan masyarakatnya akan terus tumbuh lebih sejahtera.(fat/jpnn)


Jokowi meyakini bahwa semua upaya tersebut bisa dicapai bila dilakukan penguatan di kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News