Jokowi: Tol Merak-Banyuwangi Harus Selesai 2019

Jokowi: Tol Merak-Banyuwangi Harus Selesai 2019
Presiden Jokowi saat melihat mobil listrik karya ITS dalam acara peresmian pengoperasian jalan tol Surabaya - Mojokerto, Selasa (19/12). Foto: Dika Kawengian/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) diresmikan Presiden Jokowi, Selasa (19/12). Selanjutnya, jalan tol yang memiliki panjang 36,27 kilometer itu bisa dilewati masyarakat.

Untuk tarif, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) masih menggratiskan hingga satu minggu.

Peresmian berlangsung di pintu tol Warugunung, Surabaya. Hadir di acara tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT Jasa Marga (persero) Desi Arryani, Wali Kota Tri Rismaharini, serta tamu undangan dari pemerintahan maupun swasta. Mereka sudah berada di area lokasi sejak pukul 13.00.

Presiden Joko Widodo bersama Iriana, sang istri, tiba di lokasi pukul 14.55. Turut bersamanya Sekretaris Kabinet (seskab) Pramono Anung, Gubernur Jatim Soekarwo, serta beberapa pejabat di lingkungan PT Jasa Marga.

Setibanya di lokasi, Jokowi didampingi Basuki melihat beberapa peta di dekat pintu masuk ruang acara. Peta itu menampilkan garis tol Sumo mulai dari Waru dan berakhir di Penompo, Mojokerto.

Jokowi juga melihat perkembangan pembangunan tol yang sedang dikebut PT Jasa Marga. Tidak lebih dari 15 menit, Jokowi bersama rombongan menuju ke ruang acara.

Bagi Jokowi, peresmian jalan tol di masa pemerintahannya sudah sering terjadi. Di setiap momen itui, dia menyampaikan perkembangan pembangunan jalan tol Merak-Banyuwangi.

Panjang jalan tol tersebut mencapai 1.167 kilometer. '' Sudah 561 kilometer yang beroperasi,'' katanya.

Jalan tol Merak-Banyuwangi dengan panjang mencapai 1.167 kilometer harus sudah selesai pada 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News