Jomblo Cantik Ini Jadi Bukti Kemiskinan Bukan Halangan

Jomblo Cantik Ini Jadi Bukti Kemiskinan Bukan Halangan
TEKAD BAJA: Nur Riwayati, dara dari keluarga miskin yang punya semangat tinggi dalam mengejar cita-cita. Foto: Adennya Wycaksono/Radar Semarang

jpnn.com - Kisah hidup dara bernama Nur Riwayati bisa jadi inspirasi. Semangatnya mengejar cita-cita tak pernah surut meski berasal dari keluarga miskin. Kini, dia sudah menyandang gelar sarjana ekonomi dan bekerja di Universitas Negeri Semarang.

Adennyar Wycaksono, Semarang

KONDISI rumah orang tua Nur Riwayati di Dusun Trowangi, Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang cukup menggambarkan betapa miskinnya keluarga gadis yang akrab dipanggil dengan nama Riwa itu. Rumah sederhana itu hanya berdinding kayu dan bambu tua dengan lantai tanah.

Di sejumlah dinding harus ditopang bambu karena bangunannya nyaris ambruk dimakan usia. Kondisi dapurnya juga amat sederhana. Untuk memasak menggunakan tungku tanah lihat dengan bahan kayu bakar.

Namun, kondisi itu tak menyurutkan Riwa untuk menuntut ilmu hingga perguruan tinggi. Padahal secara logika, sulit bagi Riwa untuk bisa menikmati bangku perguruan tinggi. Sebab, untuk makan sehari-hari saja susah.

Orang tuanya bekerja serabutan. Bahkan Riwa harus ikut membanting tulang agar bisa mendapatkan sesuap nasi.

”Sejak kecil saya sudah membantu orang tua bekerja di sawah untuk bisa makan. Bahkan setiap pulang sekolah, saya harus mencari rumput untuk memberi makan ternak di mana ayah dan ibu saya bekerja,” kenang gadis kelahiran Kabupaten Semarang, 15 Oktober 1993 ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Hidup dalam kemiskinan bukan berarti membuat Riwa dan keluarganya pasrah. Untuk biaya sekolah, Riwa selalu mencari beasiswa pendidikan agar cita-citanya untuk tetap sekolah terwujud. Cobaan dialami putri pertama dari tiga bersaudara ini saat tiba-tiba sang ayah meninggal dunia karena sakit.

Kisah hidup dara bernama Nur Riwayati bisa jadi inspirasi. Semangatnya mengejar cita-cita tak pernah surut meski berasal dari keluarga miskin. Kini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News