Jonan Siap Datangkan Investor Bangun Pelabuhan Ini

Jonan Siap Datangkan Investor Bangun Pelabuhan Ini
Jonan Siap Datangkan Investor Bangun Pelabuhan Ini

jpnn.com - SABANG - Menhub Ignasius Jonan siap membantu pembangunan pelabuhan di Kota Sabang, Aceh. Dia bakal mendatangkan investor, untuk memaksimalkan fungsi pelabuhan tersebut, terutama setelah melihat kondisi Container Terminal (CT) 3, di Kuta Timur, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

"Potensi pelabuhan mestinya besar tinggal diusahakan saja secara bnis, nanti saya bantu deh," ucap Menteri Jonan, menjawab permintaan Deputi Umum BPKS, Chandra Hasan dan Deputi Tekbang BPKS Fajri Sulaiman, saat meminta dukungan Menteri untuk mengundang investor agar mau berinvestasi ke Sabang dengan fasilitas yang telah dimiliki oleh BPKS, Sabtu (10/10)

Menurut Jonan, Pelabuhan Sabang ini memiliki potensi besar dan merupakan pelabuhan alam alami. Karena secara operasional tidak banyak yang harus dikelurakan. Seperti Pelabuhan Sabang tidak memiliki sedimentasi/pendangkalan, sehingga tidak memerlukan kapal keruk.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal mengatakan, dengan fasilitas yang dimiliki oleh BPKS menyatakan kesiapannya untuk menampung investor di Sabang ini.

"Dari segi fasilitas pelabuhan, kita siap menerima investor di Sabang," ujar Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal yang turut didamping oleh Kepala Kepelabuhanan Zulkarnain.

Irwan menjelaskan, secara geografis pelabuhan Sabang berada pada titik kordinat: 05 – 53’ – 00” LU / 095 – 19’ 00” BT, dengan kedalam laut yakni 10 Meter  s/d 53 Meter. Alur Pelayaran yang dimiliki pelabuhan Sabang pun cukup memadai yakni dengan panjang 1.400 Meter,  Lebar 800 Meter dan area kolam pelabuhan memiliki luas yakni 177 Hectar.

Sedangkan fasilitas pelabuhan, Irwan menyebutkan Untuk CT 1 memiliki dua dermaga yakni dermaga I memiliki Panjang 170 Meter dan lebar 41 Meter dengan kedalaman 15 meter. Untuk dermaga II panjang 32 Meter dan lebar 9.5 meter dengan kedalaman yang sama yakni 15 meter.

" Fasilitas pendukung lainya di CT 1 yakni Lapangan penumpukan  dengan luas 10.850 meter dan gudang dengan luas 3.150 meter," kata Irwan yang turut didamping oleh Kepala Kepelabuhanan Zulkarnain. (ril/dkk/jpnn)

SABANG - Menhub Ignasius Jonan siap membantu pembangunan pelabuhan di Kota Sabang, Aceh. Dia bakal mendatangkan investor, untuk memaksimalkan fungsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News