Jonan Tak Akan Revisi Batas Bawah Tarif LCC

Jonan Tak Akan Revisi Batas Bawah Tarif LCC
Jonan Tak Akan Revisi Batas Bawah Tarif LCC

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan enggan menanggapi permintaan Komisi V DPR untuk merevisi aturan tentang tarif penerbangan low cost carrier (LCC) terkait penentuan tarif batas bawah sebesar 40 persen. Mantan Dirut KAI itu  bakal tetap mempertahankan kebijakan yang telah diambil terhadap batas tarif bawah LCC.

"Saya tetap pada kajian saya. Saya tidak pernah naikkan (tarif batas bawah) 40 persen. Dulu menteri sebelum saya (EE Mangindaan) nentukannya (tarif batas bawah) 50 persen dari batas atas, terus saya turunkan 30 persen sebulan lalu. Ternyata kurs rupiah tidak menguat, saya naikan lagi jadi 40 persen," beber Jonan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/1).

Menurut Jonan, Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Arif Wibowo justru menyarankan agar batas atas dinaikkan. "Dirut Garuda malah minta batas atasnya dinaikkan. Tentu ini (batas tarif bawah 40 persen) sudah kita hitung dengan baik," klaimnya.

Sebelumnya, anggota Komisi V DPR mendesak Jonan untuk merevisi aturan tentang tarif penerbangan LCC. Anggota Komisi V, Anton Sukartono Suratto menilai tarif murah tidak ada hubungannya dengan keselamatan penerbangan.

Ia justru minta agar Kemenhub fokus pada regulasi saja. Sebab, maskapai kelas atas seperti Malaysia Airlines saja tak lepas dari kecelakaan beruntun. “Ini yang perlu diluruskan," beber Anton saat rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan enggan menanggapi permintaan Komisi V DPR untuk merevisi aturan tentang tarif penerbangan low


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News