Joronga Siap Ekspor Rumput Laut

Joronga Siap Ekspor Rumput Laut
Joronga Siap Ekspor Rumput Laut
LABUHA- Petani rumput laut asal Pulau Joronga, Kabupaten Halmera Selatan tampaknya harus menyiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia. Ini lantaran pemerintah Provinsi Maluku Utara menyiapkan eskpor rumput laut sebagai salah satu jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sekadar informasi, masyarakat Joronga memiliki potensi rumput laut yang sangat besar. Dalam tiga bulan, para petani rumput laut bisa menghasilkan 80 ton rumput laut bersih. Setahun, dipastikan 250 ton rumput laut bisa diproduksi petani.

Camat Kepulauan Joronga  Yuslan Garwan menjelaskan pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan  pemerintah provinsi untuk memfasilitasi ekspor hasil petani rumput laut tersebut. ”Sudah ada pembicaraan dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Utara. Kepala Dinas sudah menyatakan kesiapannya memfasilitasi,” ujar Yuslan.

Pemprov Maluku Utara sendiri rencananya akan mengumpulkan hasil peani rumput laut di dua daerah, yaitu Joronga dan Morotai. Keduanya merupakan penghasil rumput laut terbesar dengan kualitas yang sangat baik. Rencana eksport kali ini akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Malut Thaib Armaiyn. ”Setelah pembicaraan ini, kami kumpulkan seluruh stok petani yang ada,” jelasnya.

LABUHA- Petani rumput laut asal Pulau Joronga, Kabupaten Halmera Selatan tampaknya harus menyiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia. Ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News