Juara EURO 2020, Penggawa Italia Dapat Gelar Kehormatan dari Presiden

Juara EURO 2020, Penggawa Italia Dapat Gelar Kehormatan dari Presiden
Para pemain timnas Italia saat menjuarai EURO 2020. Foto: Twitter @Azzurri

jpnn.com, ROMA - Keberhasilan Giorgio Chiellini dan kolega menjuarai Euro 2020 mendapat apresiasi dari Presiden Italia Sergio Mattarella.

Setelah sukses mengalahkan Inggris di Wembley, London, Mattarella memberikan tanda kehormatan kepada seluruh penggawa Italia dengan gelar Ordine al Merito della Repubblica Italiana.

Tidak hanya penggawa Italia saja yang diberikan gelar itu oleh Presiden, ketua federasi sepak bola Italia (FIGC) Gabriele Gravina, kemudian Gabriele Oriali dan Gianluca Vialli juga mendapat gelar kehormatan dengan nama Grande Ufficiale.

Sementara untuk sang kapten Giorgio Chiellini, ia mendapat gelar dari Presiden dengan nama Cavaliere atau ksatria..

Total ada lima gelar kehormatan yang diberikan kepada seluruh penggawa Italia, yaitu Cavaliere, Ufficiale, Commendatore, Grande Ufficiale, Cavaliere di Gran Croce, dan Cavaliere di Gran Croce con Cordone.

Gelar ini merupakan sebuah apresiasi Presiden Italia kepada seluruh penggawa Gli Azzurri yang telah berjuang mengharumkan nama Italia di ajang Euro 2020.

Datang ke turnamen tersebut dengan status tidak diunggulkan, membuat skuad Roberto Mancini mengejutkan banyak pihak ketika menjadi juara.

Melawan Inggris di final, anak asuh Roberto Mancini berhasil menang melalui babak adu penalti dengan keunggulan 3-2.

Presiden Italia Sergio Mattarella memberikan apresiasi kepada seluruh kontingen Italia yang menjuarai EURO 2020