'Jujur, Sejak Itu Saya Bangkrut'

'Jujur, Sejak Itu Saya Bangkrut'
Joko Waluyo di depan food truck-nya. Dia menemukan usaha baru yang menjanjikan. Foto: MUHAMAD ALI/JAWAPOS

jpnn.com - JOKO Waluyo sosok yang pantang menyerah. Bangkrut dari usaha kuliner, dia bangkit lagi dan kini mulai memanen sukses dengan usaha barunya: bisnis makanan keliling dengan food truck.

BAYU PUTRA, Jakarta

6 JUNI 2012. Tanggal itu masih diingat Joko Waluyo. Sebab, pada tanggal itu dia harus menutup gerai makanan khas Meksiko yang dirintisnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Penyebabnya, pemilik bangunan menaikkan sewa dari Rp 60 juta menjadi Rp 85 juta per tahun. Itu pun sewanya minimal tiga tahun. Biaya itu dinilai sangat mahal dan tidak terjangkau kantongnya.

’’Jujur, sejak itu saya bangkrut,’’ tuturnya di sebuah resto di Mall Cilanda Town Square, Jakarta Selatan, Senin (26/12).

Meskipun demikian, Joko tidak langsung menutup usahanya. Dia terus berpikir untuk mendapatkan ide berbisnis yang benar-benar ’’baru’’.

Tidak seperti yang sudah ada. Maka, ketemulah ide bisnis makanan keliling menggunakan konsep food truck.

Dari mana Joko mendapatkan ide food truck? Rupanya, itu buah petualangannya di Amerika Serikat selama lima tahun, 1998-2002. Dia pernah bekerja sebagai bartender di Disney World.

JOKO Waluyo sosok yang pantang menyerah. Bangkrut dari usaha kuliner, dia bangkit lagi dan kini mulai memanen sukses dengan usaha barunya: bisnis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News