Jujur soal COVID-19, Kiai Said Dinilai Tunjukkan Sikap Negarawan

Jujur soal COVID-19, Kiai Said Dinilai Tunjukkan Sikap Negarawan
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengakui positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Said Aqil juga memohon doa dari segenap masyarakat, warga Nahdliyin, khususnya para kiai untuk kesembuhannya.

Demikian keterangan yang disampaikan langsung sekretaris pribadi Said Aqil, M Sofwan Erce, melalui video yang diunggah di akun Youtube Kang Said Official, Minggu (29/11).

Pengamat Politik, Hukum dan Keamanan Dr Dewinta Pringgodani SH MH memuji sikap jujur Said Aqil yang terbuka positif Covid-19.

"Said Aqil telah memperlihatkan sikap sportif dan negarawan serta ulama yang berani menyampaikan kebenaran," kata Dewinta  melalui keterangan tertulis, Senin (30/11).

Menurut Dewinta, keterbukaan Said Aqil soal penyakitnya akan membantu Satgas Covid-19 melakukan penelusuran kontak atau tracing.

"Pasien juga akan dirawat secara benar, sehingga tidak membahayakan orang lain," kata Dewinta.

Disisi lain, Dewinta menyesalkan sikap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab atau HRS yang menyurati Walikota Bogor Bima Arya agar tak membuka hasil tes swabnya ke publik.

"Sangat disesalkan sikap HRS yang menolak untuk dilakukan penelusuran kontak, mengingat yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19," kata Dewinta melanjutkan.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengakui positif terinfeksi virus corona (Covid-19)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News