Jumlah Investasi China di Australia Turun 40 Persen Di Tahun 2017

Jumlah Investasi China di Australia Turun 40 Persen Di Tahun 2017
Jumlah Investasi China di Australia Turun 40 Persen Di Tahun 2017

Dalam data terbaru mengenai investasi China di Australia yang baru pertama kalinya dihimpun secara menyeluruh, jumlah investasi China turun sebanyak 40 persen tahun lalu.

Investasi China di Australia

Rincian data ini merinci bisnis apa saja yang dilakukan China di Australia dan sektor mana yang paling banyak menarik perhatian kalangan bisnis dari China untuk menanamkan uang mereka.

Para peneliti dari Australian National University (ANU) berhasil mengumpulkan data dan melakukan pengecekan silang dari sumber-sumber seperti Badan Kajian Penanaman Modal Asing (FIRB) dan Biro Statistik Australia (ABS).

Data yang mereka peroleh mengungkapkan dari tahun 2014 sampai 2017, investasi asal China berjumlah lebih dari $AUD 40,4 miliar.

Investasi per tahun mencapai titik tertinggi di tahun 2016, sebesar $AUD 14,9 milar, namun turun menjadi $AUD 8,9 miliar di tahun 2017.

"Memang tahun 2016 merupakan puncaknya, dan kemudian turun tajam sekitar 40 persen dalam waktu tahun, dan saya kira kalau melihat data, angka itu akan naik lagi tahun ini." kata pemimpin proyek penelitian Peter Drysdale.

Drysdale mengatakan ada beberapa alasan mengenai penurunan yang tajam tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News