Jumlah Menjamur, tapi Koperasi Gaungnya Kecil

Jumlah Menjamur, tapi Koperasi Gaungnya Kecil
Jumlah Menjamur, tapi Koperasi Gaungnya Kecil
JAKARTA--Jumlah koperasi di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Saat ini jumlahnya meningkat enam persen dari tahun sebelumnya menjadi 193.443 unit. Meski terus tumbuh bak jamur di musim hujan, koperasi-koperasi di tanah air belum terasa gaungnya seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Jumlah koperasi kita sangat banyak, tapi belum terasa gregetnya karena masyarakat belum tahu apa sebenarnya koperasi itu," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Agus Muharram dalam keterangan persnya, Minggu (15/12).

Dijelaskannya, koperasi merupakan salah satu badan usaha ekonomi yang kuat karena mampu bertahan dalam krisis ekonomi global. Untuk lebih mendekatkan koperasi dengan masyarakat, perlu adanya pembenahan baik dari segi regulasi, sumber daya manusia, dan sosialisasi.

"Di daerah-daerah banyak yang tidak paham dengan keberadaan koperasi. Yang paling banyak menggunakan jasa koperasi justru PNS maupun pegawai BUMN," ujarnya.

JAKARTA--Jumlah koperasi di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Saat ini jumlahnya meningkat enam persen dari tahun sebelumnya menjadi 193.443

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News