Jumlah Pelamar Kecil di Sejumlah Instansi

Panselnas Tegaskan Masyarakat Hanya Bisa Satu Kali Mendaftar

Jumlah Pelamar Kecil di Sejumlah Instansi
Jumlah Pelamar Kecil di Sejumlah Instansi

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah instansi yang sudah membuka pendaftaran tes CPNS tahun anggaran 2014 semakin banyak. Catatan dari panitia seleksi nasional (panselnas) sudah ada 191 unit instansi yang sudah membuka pendaftaran. Meskipun tidak semuanya ramai pendaftarnya.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman menuturkan, pelamar yang sedikit di antaranya terdata dari beberapa instansi pemerintah daerah.

"Panitia pusat terus memantau perkembangan jumlah pendaftar di seluruh instansi pusat maupun daerah," kata dia di Jakarta Senin (8/9).

Dia mencontohkan pelamar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara) yang hingga kini masih terdata 12 orang. Padahal, jumlah formasi atau lowongan pekerjaan di pemkab Bolaang Mongondow ada 42 kursi. Herman menuturkan jumlah final pelamar di pemkab Bolaang Mongondow tetap ditunggu hingga 18 September depan.

Catatan jumlah pelamar yang kecil lainnya ada di pemkab Halmahera Selatan yang hanya 5 orang (lowongan 112 kursi). Kemudian di pemkab Halmahera Barat yanghanya 7 orang pelamar. Khusus untuk pemkab Halmahera Barat, panselnas belum mempublikasi total lowongan kursi CPNS baru. Herman mengatakan jumlah pelamar final di Halmahera Selatan dan Halmahera Barat ini ditunggu hingga 22 September.

Banyak analisa yang muncul terkait minimnya jumlah pelamar di instansi tadi. Pertama adalah informasi dan akses pendaftaran tes CPNS secara online yang belum terserap masyarakat secara penuh. Kedua ada dugaan masyarakat sudah terlanjur mendaftar ke instansi lain yang sudah membuka masa pendaftaran lebih dulu. Masyarakat memilih instansi yang membuka lebih dahulu, karena khawatir di belakang hari ada gangguan server.

Herman menegaskan masyarakat hanya berkesempatan mendaftar di satu instansi. Entah itu di instansi pusat atau di daerah. "Pokoknya hanya satu kali mendaftar. Bisa dideteksi ketika saat input nomor induk pendudukan (NIK)," jelas dia.

Ketika masyarakat mencoba mendaftar kedua kali, maka akan muncul keterangan NIK sudah dipakai untuk mendaftar CPNS. Selain mendata jumlah pelamar yang kecil, tim panselnas juga melakukan monitoring di instansi dengan pelamar terbanyak.

JAKARTA - Jumlah instansi yang sudah membuka pendaftaran tes CPNS tahun anggaran 2014 semakin banyak. Catatan dari panitia seleksi nasional (panselnas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News