Jumlah Pengangguran Lulusan SMK Menurun?

Jumlah Pengangguran Lulusan SMK Menurun?
Siswa-siswi SMK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengangguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menurun tipis. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2018, tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan SMK masih mendominasi di antara tingkat pendidikan lain, yaitu sekitar 11,24 persen.

Namun menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, tahun ini TPT dari lulusan SMK berada pada tren positif yaitu sudah mengalami penurunan.

Pada 2017, TPT lulusan SMK sebesar 11,41 persen, 2018 turun menjadi 11,24 persen ada penurunan sebesar 0,17 persen.

“Jadi sebenarnya, pengangguran di SMK turun, meskipun porsinya masih tinggi," kata Muhadjir, Kamis (6/12).

Dia menyebutkan, lulusan SMK yang masuk dalam data BPS tersebut bukanlah lulusan yang telah mendapatkan dampak dari kebijakan revitalisasi SMK.

Program Revitalisasi SMK baru mulai berjalan pada pertengahan 2017, salah satunya dengan melakukan penataan anggaran. Sementara kebijakan Revitalisasi SMK baru berjalan 100 persen pada akhir 2017 atau awal 2018.

“Kami harapkan dengan revitalisasi SMK, bisa tekan tingkat pengangguran SMK. Ini juga jadi tantangan bagi Kemendikbud, apakah bisa membuktikan bahwa revitalisasi SMK berjalan sesuai yang diharapkan,” tandasnya. (esy/jpnn)


Pada 2017, TPT lulusan SMK sebesar 11,41 persen, 2018 turun menjadi 11,24 persen ada penurunan sebesar 0,17 persen.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News