Jumlah Posyandu Meningkat Pesat, Kualitasnya Bagaimana?

Jumlah Posyandu Meningkat Pesat, Kualitasnya Bagaimana?
Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes Imran Agus Nurali dalam konferensi pers virtual. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berharap Posyandu menjadi pusat layanan dasar terintegrasi (one stop services) berkualitas bagi masyarakat di tengah pandemi.

Pasalnya, selama ini layanan yang diberikan masih jauh dari harapan.

"Bukan hanya melayani bayi tetapi hingga lansia. Posyandu juga bisa menjadi wadah edukasi dan pemberdayaan masyarakat," kata Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes Imran Agus Nurali dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8).

Dijelaskannya, sejak dicanangkan pada 1986, jumlah Posyandu di Indonesia meningkat pesat dari 25 ribu menjadi 296.777.

Hanya 63,6 persen yang merupakan Posyandu aktif. 

"Memang peningkatan jumlah ini belum diikuti dengan peningkatan kualitas. Karenanya kami rebranding dengan logo dan tagline baru Posyandu Sahabat Masyarakat," ujarnya.

Ada beberapa faktor dinilai menjadi penghambat dalam optimalisasi pelayanan Posyandu seperti keterbatasan sumber dana, rigid-nya Sistem Informasi Posyandu, rekrutmen kader baru dan kapasitas kader yang masih perlu ditingkatkan. 

Di sisi lain, motivasi masyarakat untuk mengakses layanan Posyandu secara rutin juga masih kurang.  Pembinaan Pokjanal dan Pokja Posyandu terhadap peningkatan kualitas penyelenggaraan aktivitas juga minim. 

Posyandu diharapkan menjadi pusat layanan dasar terintergrasi karena selama ini jumlahnya meningkat pesat tetapi kualitasnya masih rendah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News