Jumlah Rute Tol Laut Meningkat 3 Kali Lipat

Jumlah Rute Tol Laut Meningkat 3 Kali Lipat
Kapal Tol Laut. Foto Ilustrasi: Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah rute tol laut telah meningkat tiga kali lipat dalam kurun waktu empat tahun. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono saat menjadi narasumber pada Conference of ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO) ke-37 di Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (11/9).

“Setelah 4 tahun kami mengelaborasi program ini, kami menemukan bahwa program tol laut ini mengalami pertumbuhan. Sebagai contohnya, tingkat pelayanan mengalami peningkatan. Pada awal program ini dibuat, kami mengoperasikan sebanyak 6 rute dan sekarang sudah hampir menjadi 3 kali lipatnya,” tutur Djoko.

Dikatakan Djoko, program tol laut ini memberikan dampak pengurangan biaya logistik pada beberapa daerah dan juga mendorong perekonomian lokal untuk terus tumbuh.

“Hasil dari program ini adalah kami dapat mengurangi biaya logistik di beberapa daerah serta dapat mendorong perekonomian daerah untuk terus berkembang, dan juga mencapai kemajuan untuk membuat aktivitas baru,” ujarnya.

Dalam lima tahun ke depan, Kementerian Perhubungan berencana untuk mengajak perusahaan pelayaran swasta untuk bekerjasama dalam program tol laut.

Upaya ini diharapkan bisa meningkatkan efisiensi program tol laut serta mengurangi disparitas harga yang ada di wilayah Indonesia bagian timur.

“Dalam 5 tahun ke depan, kita akan mengatur sistem investasi dengan mengalokasikan anggaran yang lebih bagi program tol laut ini. Sebagai contoh, kita akan melibatkan perusahaan pelayaran swasta untuk bekerjasama dalam program tol laut ini karena kapasitas dari PT PELNI sangat terbatas. Kami percaya dalam 5 tahun kedepan tol laut akan memberikan progres positif yang sangat signifikan,” tandasnya.(chi/jpnn)

Dalam lima tahun ke depan, Kementerian Perhubungan berencana untuk mengajak perusahaan pelayaran swasta untuk bekerjasama dalam program tol laut.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News