Jumlah S2 dan S3 Indonesia Kalah dari Malaysia, Anies Kaget: Baru Sadar Sekarang?

Jumlah S2 dan S3 Indonesia Kalah dari Malaysia, Anies Kaget: Baru Sadar Sekarang?
Capres RI Anies Baswedan saat blusukan di pasar ikan, di Sorong, Papua Barat, Selasa (16/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, SORONG - Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menyampaikan pandangannya terkait data rasio jumlah lulusan S2 dan S3 Indonesia yang kalah dari Malaysia.

Kala menjawab pertanyaan tersebut, Anies sempat terdiam cukup lama dan terlihat bingung. Dia mengaku heran kenapa masalah tersebut baru dibahas sekarang.

"Ini seharusnya yang dibahas kemarin-kemarin. Jadi ya, memang itu faktanya yang ada di kita, itulah sebabnya bagaimana kami memberikan perhatian yang lebih kepada pendidikan," kata Anies pada wartawan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Jempur, Sorong, Selasa (16/1).

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu turut menekankan bahwa pihaknya berkomitmen tidak hanya membangun penopang manusia, tetapi juga manusia di dalamnya.

"Kota itu disebut hidup dan mati itu bukan karena ada gedung ataupun tidak ada gedung. Walaupun gedungnya penuh, jalannya baik, kalah tidak ada orangnya yang tinggal disebut juga kota mati," tegas Anies.

"Jadi yang menentukan yaitu adalah manusia, kualitas manusianya untuk tingkat pendidikan. Masalah kita dan itu seharusnya sudah menjadi perhatian sejak dulu," lanjutnya. (jpnn)

menekankan bahwa pihaknya berkomitmen tidak hanya membangun penopang, tetapi juga manusia di dalamnya


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News