JPNN.com

Jupe Meninggal akibat Kanker Serviks, Simak nih Ulasan Dokter RSCM

Senin, 12 Juni 2017 – 00:01 WIB Jupe Meninggal akibat Kanker Serviks, Simak nih Ulasan Dokter RSCM - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Julia Perez alias Jupe meninggal dunia. Perjuangan panjang pemilik nama asli Yulia Rahmawati itu melawan penyakit kanker serviks yang dideritanya sudah berakhir.

Pelantun Aku Rapopo itu sempat berobat di Singapura dan selanjutnya mendapat penanganan penyakitnya di RSCM.

Almarhumah sempat bertahan lebih dari empat bulan dan bertahan hampir setahun ketika penyakit kankernya dikatakan kambuh.

Apa yang terjadi pada Jupe dalam perjalanan penyakit kankernya menjadi pemberitaan dari waktu ke waktu.

Dokter Ari Fahrial Syam MD,PhD, FACP mengatakan, penyakit kanker sendiri memang penyakit yang mematikan dan seseorang yang telah diobati pun tidak bisa dikatakan sembuh, namun hanya bisa dikatakan penyakitnya mengalami remisi.

“Artinya, walaupun secara fisik pasien telah sembuh tetap harus kontrol dan telah harus menjaga dirinya dengan gaya hidup sehat, mengosumsi makanan yang sehat, banyak mengosumsi sayur dan buah-buahan serta istirahat cukup, karena sewaktu-waktu bisa saja penyakitnya kambuh,” ujar dokter di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta itu, dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Dijelaskan staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu, penyakit kanker sendiri dibagi empat stadium. Di mana stadium ini menunjukkan berat ringannya penyakit kanker tersebut.

“Semakin lanjut penyakit ditemukan, penangannya juga akan bertambah sulit dan pasien akan menghadapi angka harapan hidup yang rendah,” terangnya.

Dokter bisa memprediksi angka kelangsungan hidup (survival rate) dalam 1 tahun atau 5 tahun kedepan. Semakin lanjut sakitnya semakin rendah harapan hidupnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...