Jurnalis yang Bunuh 5 Jurnalis Itu Divonis Mati

Jurnalis yang Bunuh 5 Jurnalis Itu Divonis Mati
Hassan Hanafi, jurnalis yang juga komandan kelompok militan Shebab, divonis mati. Foto: AFP

jpnn.com - HASSAN Hanafi akhirnya dijatuhi vonis hukuman mati oleh pengadilan di Mogadishu, Somalia, Kamis (3/3) waktu setempat.

Hanafi adalah jurnalis di Somalia yang mendalangi pembunuhan lima jurnalis lainnya. Di negara yang sulit lepas dari konflik itu, Hanafi juga dikenal sebagai salah seorang komandan kelompok Shebab, jaringannya Al Qaeda.

Di pengadilan, Hanafi mengakui semua perbuatannya. “Hassan Hanafi dijatuhi hukuman mati, setelah pengadilan menyatakan dia terbukti bersalah atas semua tuduhan pembunuhan terhadapnya,” ujar hakim Hassan Ali, seperti dikutip dari AFP, Jumat (4/3).

Semua bukti yang ada di persidangan mengarah ke Hanafi. "Saksi mata juga menunjukkan bahwa Hanafi adalah dalang dari pembunuhan beberapa jurnalis," imbuh hakim.

Namun Hanafi masih diberi kesempatan mengajukan banding atas hukuman tersebut. Hukuman mati di Somalia biasanya dilaksanakan oleh regu tembak.

Hanafi ditangkap pada Agustus 2014 di Kenya saat sedang perawatan medis. Dia diekstradisi ke Somalia pada akhir 2014.

Beberapa tahun belakangan, Somalia memang tak lepas dari cap negara paling berbahaya di dunia untuk jurnalis. Kerja pers, sulit diterima di sana. (adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News