Jurnalisme Tuyul

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Jurnalisme Tuyul
Dhimam Abror Djuraid. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Revolusi teknologi informasi membawa tantangan dan peluang bagi media jurnalisme.

Di satu sisi, revolusi digital membawa berkah dengan ketersediaan informasi yang melimpah. Namun, keberlimpahan informasi itu membawa bencana bagi media konvensional yang secara mendadak kehilangan basis pembaca tradisionalnya. Revolusi memakan anak kandungnya sendiri.

Reformasi teknologi informasi membawa korban media konvensional yang sekaligus juga kehilangan basis pendapatan dari iklan. Revolusi teknologi informasi telah merevolusi dunia media secara keseluruhan.

Pola manajemen media konvensional menjadi obsolete dan nilai-nilai jurnalisme konvensional harus beradaptasi dengan nilai-nilai jurnalisme baru yang berbasis pada budaya digital.

Dunia media menghadapi perubahan yang brutal. Hanya dalam tempo sepuluh tahun sejak teknologi digital menemukan Android, pola baca dan pola konsumsi berita berubah drastis.

Dalam menghadapi setiap fase perubahan teknologi sepanjang sejarah, media bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi. Namun, kali ini era baru telah lahir dan era lama telah berakhir.

Di Indonesia fenomena perubahan zaman dihadapi dengan lentur. Dunia media bisa mengadopsi teknologi dan memanfaatkannya untuk memperbaiki diri.

Sejarah pers di Indonesia dalam dua puluh tahun terakhir menunjukkan dialektika dengan teknologi yang melahirkan perubahan-perubahan baru.

Kini muncul mazhab baru yang disebut sebagai jurnalisme berbasis mesin pencari. Jurnalisme yang menyembah traffic

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News