Jurus Mbak Puan untuk Dongkrak Kinerja DPR Kian Moncer

Jurus Mbak Puan untuk Dongkrak Kinerja DPR Kian Moncer
Ketua DPR Puan Maharani usai pertemuan dengan sejumlah pemimpin media massa di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (28/11). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani sudah menyiapkan sejumlah rencana demi mendongkrak kinerja lembaga negara pimpinannya. Rencana meningkatkan kinerja DPR itu menyangkut legislasi, anggaran dan pengawasan.

Untuk legislasi, Puan menginginkan setiap komisi di DPR menghasilkan minimal dua undang-undang prioritas per tahun. Saat ini ada 11 komisi di DPR.

“Jadi setahun menghasilkan 22 undang-undang. Kalau ada komisi yang mau menambah (pembahasan rancangan undang-undang, red), silakan,” ujar Puan dalam dialog dengan para pemimpin media massa di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (28/11).

Politikus PDI Perjuangan itu juga punya jurus meningkatkan kehadiran wakil rakyat dalam rapat paripurna DPR. Puan mengatakan, akan ada sistem absensi digital yang bisa diakses publik.

“Jadi lebih modern, tidak perlu menulis di kertas absen yang harus antre. Absensi itu ditayangkan di layar yang bisa dilihat,” tutur Puan yang didampingi Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin.

Puan mengaku bersyukur karena tingkat kehadiran anggota DPR dalam rapat paripurna di atas dua pertiga. “Alhamdulillah dari 575 anggota DPR, yang hadir di paripurna sejak kami di lantik di atas 400 orang,” sebutnya.

Menurut Puan, DPR juga menyiapkan e-parliament. Rencana itu merupakan bagian program digitalisasi DPR.

“Untuk e-parliament nanti Pak Aziz yang menyiapkan,” kata Puan.

Ketua DPR Puan Maharani sudah menyiapkan sejumlah rencana demi mendongkrak kinerja lembaga negara pimpinannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News