Jurus Pak Sabam Gembleng Kader Banteng agar Tetap Semangat

Jurus Pak Sabam Gembleng Kader Banteng agar Tetap Semangat
Politikus senior PDI Perjuangan Sabam Sirait.

jpnn.com, JAKARTA - Politikus senior PDI Perjuangan Sabam Sirait terjung langsung untuk menyemangati kader-kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu dalam rangka menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Menurut Sabam, berpolitik merupakan ikhtiar untuk terus menjaga Indonesia.

Sabam menyampaikan hal itu saat menghadiri halalbihalal jajaran DPD PDIP DKI di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (8/7). Ketua DPD PDIP Jakarta Adi Wijaya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo, serta Ketua DPC PDI Jakarta Timur Dwi Rio Sambodo juga hadir di acara itu.

Pendiri PDI yang kini menjadi senator dari DKI Jakarta itu menyatakan, kader-kader PDIP harus aktif berpolitik dengan cara-cara yang demokratis demi kemajuan negeri. “Kita semua harus berjuang untuk demokrasi di negeri ini sehingga tidak boleh memaksakan kehendak,” ujar Sabam yang disambut aplaus sekitar 5.000 hadirin.

Sabam menegaskan, PDI yang akhirnya menjadi PDI Perjuangan didirikan dengan semangat untuk menjaga Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu, katanya, setiap kader PDIP harus menjaga Pancasila.

Jurus Pak Sabam Gembleng Kader Banteng agar Tetap Semangat
Sabam Sirait saat berorasi pada halalbihalal DPC PDIP Jakarta Timur di Ciracas, Minggu (8/7). Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

“Saya mulai berpolitik tahun 1961 dari sekretaris jenderal PDI. Saya salah satu pendiri PDI dan tinggal saya pendiri PDI yang hidup dan saya tetap turut menjaga Pancasila,” tuturnya.

Mantan legislator PDIP itu menambahkan, menerapkan Pancasila harus dari diri sendiri. Menurutnya, masyarakat juga butuh panutan dalam menerapkan Pancasila.

“Mari kita sama-sama berjuang menjaga pancasila dan demokrasi bangsa ini. Jangan mengatakan kita Pancasila tetapi kita antikemanusian dengan turut menindas orang-orang lemah,” ucap Sabam.

Pengalaman dan rekam jejak politikus senior Sabam Sirait bisa menjadi contoh bagi politikus-politikus muda PDI Perjuangan, terutama dalam berdemokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News