Jutaan Kubik Material Siap Meluncur

Jutaan Kubik Material Siap Meluncur
Erupsi Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur. Getty Images

KEDIRI - Ancaman lahar dingin Gunung Kelud semakin besar. Hal itu seiring dengan datangnya hujan di kawasan gunung berapi tersebut. Minggu (16/2), dua kecamatan yang dekat dengan puncak Kelud, yakni Puncu dan Kepung, di Kabupaten Kediri, diguyur hujan deras. Bila intensitas hujan terus bertambah, jutaan material vulkanis yang tersisa dari letusan bakal meluncur bersama air.

      

Deputi Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengungkapkan, erupsi Kelud pada Kamis (13/2) lalu melontarkan sekitar 55 juta kubik material. Hal itu mengakibatkan hujan abu yang menyelimuti Jawa.

      

"Kalau terjadi hujan deras di kawasan gunung, maka sekitar 50 juta kubik material siap meluncur bersama air hujan. Itu deposit abu vulkanis," kata Dody di Kediri kemarin. Peluang meluncurnya lahar dingin semakin besar karena kawasan Kelud akan diguyur hujan dalam dua hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan hujan deras terjadi hari ini dan besok.

      

Dody mengatakan setidaknya ada enam titik yang perlu diwaspadai apabila muntahan lahar dingin terjadi. Titik tersebut adalah jalan lahar yang berupa sungai di kawasan Kediri dan Blitar. Enam sungai yang harus diwapadai adalah Sungai Petung Kobong, Lahar Gedog, Sumber Agung, Lahar Pulo, Lahar Lestari, dan Konto.

      

KEDIRI - Ancaman lahar dingin Gunung Kelud semakin besar. Hal itu seiring dengan datangnya hujan di kawasan gunung berapi tersebut. Minggu (16/2),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News