Kabar Baik dari Pak Doni Monardo Soal Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Kabar Baik dari Pak Doni Monardo Soal Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo mengatakan, angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia dalam satu bulan terakhir, mengalami penurunan drastis.

Hal itu terungkap berdasarkan data kasus aktif Covid-19 dari 20 September hingga 21 Oktober 2020. Jika dibandingkan bulan sebelumnya, per 20 September-20 Oktober, terjadi penurunan sebesar 6,79 persen.

"Kasus aktif pada periode 20 September-20 Oktober itu mengalami penurunan yang luar biasa. Sekitar 6,79 persen penurunan kasus aktif (Covid-19). Sementara di tingkat Global kasus aktifnya malah mengalami peningkatan," kata Doni dalam talkshow melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (21/10).

Selain itu, terdapat pula kenaikan secara signifikan untuk angka kesembuhan dalam satu bulan terakhir dari 72,5 persen menjadi 79,63 persen.

"Ada peningkatan tujuh persen lebih yang sembuh dan hari ini kesembuhan mendekati angka 300 ribu orang yaitu tepatnya pada sekitar 297 ribu orang yang telah sembuh," ujar Doni.

Kemudian, ketersediaan ruang ICU saat ini juga meningkat. Seperti di Jakarta, saat ini ketersediaan ruang ICU rumah sakit di DKI Jakarta mencapai 64 persen.

BACA JUGA: Motif Pembunuhan Sadis terhadap Demas Laira Akhirnya Terungkap, Begini Penjelasan Polisi

"Saat ini ketersediaan ICU sudah berada pada posisi di angka 62 sampai 64 persen. Yang mana pada tanggal 9 September saat Gubernur DKI mengumumkan keterbatasan ruang ICU yaitu berada pada posisi di angka 83 persen," ujar Doni. (mcr1/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo mengatakan, dalam satu bulan terakhir, angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan drastis.


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News