Kabar Baik dari Tri Rismaharini, Tiga Bansos Salur Serentak se-Indonesia Awal 2021

Kabar Baik dari Tri Rismaharini, Tiga Bansos Salur Serentak se-Indonesia Awal 2021
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kiri) dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto: Humas Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan kabar baik terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) di awal 2021.

Sosok yang karib disapa Bu Risma, itu memastikan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah bisa menikmati bansos di pekan pertama 2021.

Kemensos pada 2021 akan melanjutkan tiga program bansos. Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bansos Tunai (BST).

Risma sudah menginstruksikan jajarannya di Kemensos untuk bekerja nonstop untuk memastikan ketiga bansos itu dapat salur serentak seluruh Indonesia.

“Kami tidak ada libur. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama Bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” kata Risma usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/12).

Rapat terbatas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, dan dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, itu membahas rencana pelaksanaan bansos 2021.

Risma menyatakan, saat ini tengah berlangsung koordinasi intensif untuk finalisasi data KPM dengan daerah.

Kemensos tengah mendorong data dari pemerintah agar segera tuntas dikirimkan ke pusat.

“Data harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari,” ujar wali kota Surabaya yang menjabat dua periode itu.

Risma mengutip arahan Presiden Jokowi menyatakan ada kebutuhaan untuk segera mencairkan bansos kepada KPM di daerah.

Hal ini karena dana bansos berdampak signifikan terhadap perputaran roda perekonomian di daerah.

Misalnya, kata Risma mencontohkan, bansos sembako itu rata-rata satu bulannya senilai Rp 3,76 triliun. Kalau dibagi 514 kabupaten/kota, kurang lebih ada sekitar Rp 60 miliaran di daerah.

Inilah kabar baik dari Mensos Tri Rismaharini soal penyaluran bantuan sosial (bansos) 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News