Kabar Baik, Petani Lokasi Food Estate Mulai Panen

Kabar Baik, Petani Lokasi Food Estate Mulai Panen
Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan pengembangan kawasan Food Estate berbasis hortikultura. Foto: Kementan.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan pengembangan kawasan Food Estate berbasis hortikultura.

Salah satunya kawasan pengembangan Food Estate Sumatera Utara berlokasi di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Saat ini terdapat 215 hektare lahan di Desa Ria-Ria yang digarap untuk penanaman bawang merah, bawang putih dan kentang. Bahkan sudah ada area bawang merah yang panen di Februari 2021 ini. 

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menyebutkan keseluruhan Food Estate tahap pertama ini dikelola oleh petani Humbang Hasundutan. Selanjutnya, segera dibuka lagi lahan seluas 785 hektare untuk pengembangan Food Estate. 

“Total area Food Estate yang akan kami kembangkan adalah 1.000 hektare,” kata Prihasto.

Menurutnya, ada lahan 215 hektare yang sudah dikerjakan pada 2020. Sisanya 785 hektare sedang disiapkan CPCL-nya.

“Insyaallah dalam waktu dekat CPCL sudah siap. Begitu siap, para investor sudah bisa masuk langsung. Tentunya para investor ini akan bekerja sama dengan petani,” papar Prihasto.

Petani bawang merah asal Desa Ria-Ria, Mariono Siregar mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementan seraya memamerkan hasil panennya. 

Kementerian Pertanian akan mengembangkan area Food Estate.  Total area Food Estate yang dikembangkan sekitar 1000 hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News