Kabar Baik untuk Guru Honorer

Kabar Baik untuk Guru Honorer
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalsel, bakal menaikkan gaji guru honorer tahun depan. Selama ini gaji mereka hanya berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, memastikan akan ada kenaikan upah bagi tenaga guru honorer pada tahun 2018.

Menurutnya, kenaikan upah guru honorer tersebut akan diusulkan dari anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) tahun 2018.

“Dari usulan beberapa pihak diantaranya PGRI, Inspektorat, dan Badan Keuangan, kami lakukan jejak pendapat. Kesimpulannya kami akan menggeser Bosda 2018 untuk guru honorer, tapi ini belum keputusan final,” katanya.

Bosda pada 2018 dianggarkan sekitar Rp11 miliar, sedangkan jumlah guru honorer dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekitar 1.500 orang.

“Memang kami mengusulkan awalnya itu gaji guru honorer mencapai Rp1 juta, tapi karena APBD tidak memungkinkan, jumlahnya tidak sampai begitu, tetapi ada kenaikan,” ucapnya.

Peningkatan upah guru honorer ini akan dibuatkan payung hukumnya, sehingga tidak akan menyalahi aturan, sebab bersumber dari dana APBD.

Totok mengaku sumbangsih guru honorer sangat besar kiprahnya dalam memajukan pendidikan, sebab daerah itu sangat kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Totok mengaku sumbangsih guru honorer sangat besar kiprahnya dalam memajukan pendidikan, sebab daerah itu sangat kekurangan guru PNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News