JPNN.com

Kabar Buruk dari Bengkulu, soal Tenaga Kesehatan, Ya Tuhan

Kamis, 24 September 2020 – 00:20 WIB
Kabar Buruk dari Bengkulu, soal Tenaga Kesehatan, Ya Tuhan - JPNN.com
21 orang paramedis di Bengkulu positif COVID-19. Foto: Antara/Bisri Mustofa

jpnn.com, BENGKALIS - Sebanyak 21 orang tenaga kesehatan di Bengkulu terpapar virus COVID-19 dan dikonfirmasi positif setelah diadakan pengambilan spesimen oleh pihak dinas kesehatan.

Sampel tes usap 21 orang tenaga kesehatan ini reaktif setelah diuji laboratorium di dinas kesehatan provinsi bersama 10 pasien lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, selain 21 orang tenaga kesehatan tersebut terdapat 11 terkonfirmasi positif lainnya sehingga terdapat 31 pasien positif COVID-19 hari ini.

Pasien positif COVID-19 tersebut berasal dari 13 kasus di Kabupaten Kepahiang, lima kasus dari Kabupaten Rejang Lebong, tujuh kasus dari Kabupaten Bengkulu Tengah, dan enam kasus dari Kota Bengkulu.

Dari penelusuran yang dilakukan pihak dinas kesehatan setempat, sebagian besar pasien ini belum ditemukan riwayat kontak maupun perjalanannya.

"Dominan mereka mengaku tidak ada keluhan," kata Herwan.

Di lain sisi, tingginya angka kerawanan tenaga kesehatan terpapar COVID-19, dinilai Direktur Utama Rumah Sakit Muhammad Yunus, Zulki Maulub Ritonga, akibat dari kurangnya kelengkapan alat pelindung diri dan disiplin SOP.

Selain itu, riwayat kontak dengan pasien juga kurang diperhatikan sehingga potensi terpapar tidak dapat dihindari.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama