Kabar Gembira! 3,3 Juta Pelamar CPNS Lolos Seleksi Administrasi

Kabar Gembira! 3,3 Juta Pelamar CPNS Lolos Seleksi Administrasi
Tjahjo Kumolo. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, sebanyak 3.364.897 dari 4.197.218 pendaftar CPNS lolos seleksi administrasi.

"Angka ini menunjukkan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS," ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (13/1).

Para peserta yang lolos akan mengikuti tahapan seleksi kompetensi berbasis komputer pada 27 Januari hingga 28 Februari mendatang.

"Materi meliputi tes wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan karakteristik pribadi," kata Tjahjo.

Tjahjo lebih lanjut mengatakan, dengan telah diserahkannya soal ujian yang disusun oleh Kemendikbud, maka tim panitia seleksi nasional akan segera melakukan proses input naskah ke sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam seleksi.

Tjahjo berharap, proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN. "Sehingga menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas, guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju," katanya.

Para pelamar CPNS yang lolos administrasi nantinya akan bersaing memperebutkan 154.029 formasi. Jumlah itu terdiri dari instansi pusat 37.584 formasi dan instansi daerah 116.445 instansi. (gir/jpnn)

Para pelamar CPNS yang lolos administrasi nantinya akan bersaing memperebutkan 154.029 formasi.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News