Kabar Gembira dari Kemendikbudristek untuk Dosen Perguruan Tinggi Vokasi

Kabar Gembira dari Kemendikbudristek untuk Dosen Perguruan Tinggi Vokasi
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program riset keilmuan terapan dalam negeri bagi dosen Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV).

Program ini didanai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lewat skema pendanaan riset terapan.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto mengatakan melalui program ini, insan vokasi diharapkan mampu mengembangkan riset terapan yang berkontribusi dan menyelesaikan masalah nyata di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta di masyarakat. 

"Salah satu sasaran yang diprioritaskan adalah sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sering mengalami tantangan dalam pengembangan usahanya,” ungkap Direktur Wikan Sakarinto saat peluncuran secara daring, Rabu (23/6).

Dirjen Wikan menambahkan bagi para dosen di PTPPV, melakukan dan mengembangkan riset terapan bukanlah hal yang baru.

Namun, topik-topik riset yang dirancang berdasarkan kebutuhan nyata dari industri atau masyarakat masih harus ditingkatkan jumlahnya. 

"Selain itu, riset yang bersifat multidisiplin juga perlu didorong guna menghasilkan solusi sebaik mungkin dari berbagai sudut pandang. Ini supaya pendidikan vokasi bisa memberi manfaat sebesar-besarnya," jelasnya.

Dirjen Wikan mengungkapkan, anggaran beasiswa LPDP yang diberikan kepada Ditjen Diksi tahun ini terasa begitu istimewa, karena tahun ini LPDP mengalokasikan berbagai skema beasiswa, khususnya untuk insan vokasi, baik untuk tingkat SMK, maupun perguruan tinggi vokasi.

Kemendikbudristek dan LPDP berkolaborasi memberikan pendanaan bagi dosen di perguruan tinggi vokasi untuk melakukan riset terapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News