JPNN.com

Kabar Gembira dari Menteri Nadiem untuk Guru Penggerak, Siap-siap

Sabtu, 04 Juli 2020 – 15:48 WIB
Kabar Gembira dari Menteri Nadiem untuk Guru Penggerak, Siap-siap - JPNN.com
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidkan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, guru penggerak akan menjadi program utama pemerintah dalam mencari bibit-bibit pemimpin yang unggul. Guru-guru terbaik baik PNS maupun honorer bisa ikut program ini. Mereka akan dilatih bagaimana menjadi guru penggerak dan mentor bagi guru lainnya. 

"Guru penggerak akan menjadi tempat pembibitan calon pemimpin pemimpin pendidikan di masa depan. Mereka adalah agen agen perubahan yang akan menjadi calon kepala sekolah, pengawas dan pelatih," kata Nadiem saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode 5: Guru Penggerak, secara virtual pada Jumat, 3 Juli 2020.

Dia optimistis, banyak guru terbaik di masing-masing sekolah dan daerah. Hanya belum terindentifikasi siapa saja mereka. Lewat program guru penggerak, akan diperoleh bibit-bibit unggul calon pemimpin pendidikan.

"Nantinya begitu mereka lulus, diharapkan mereka yang akan menjadi prioritas untuk diangkat jadi Kepsek, pengawas, dan pelatih," ucapnya.

Agar program tersebut jalan, lanjut Nadiem, Kemendikbud akan bekerja sama dengan semua pemerintah daerah dan kepala dinas untuk memastikan bahwa guru guru penggerak ini akan bisa berdampak besar di dalam lingkungan sekolahnya. Juga menjadi bibit-bibit yang akhirnya menjadi kepala sekolah penggerak, pengawas penggerak, dan juga pelatih guru-guru.

"Ini adalah komitmen Kemendikbud bahwa jalur karier kepemimpinan untuk menjadi kepala sekolah, pengawas, dan melatih guru yang kami prioritaskan dari grup guru penggerak ini. Dan kami akan berkolaborasi dengan semua kepala dinas dan Pemda untuk memastikan ini terjadi," tegasnya.(esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri