Kabinet Bagus

Oleh Dahlan Iskan

Kabinet Bagus
Dahlan Iskan.

jpnn.com - Saya harus memuji susunan kabinet baru ini. Berarti saya harus memuji yang menyusunnya: Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

Tentu tidak memuaskan semua orang, apalagi semua partai. Namun terlihat Presiden Jokowi bisa keluar dari tekanan banyak pihak.

Memang Luhut Panjaitan masih terlihat dominan. Jabatan lamanya tetap: Menko Kemaritiman. Membawahi ESDM dan kelautan, bahkan ditambah bidang investasi.

Baca Juga:

Namun --dari kacamata presiden-- itu pilihan yang tepat. Luhut bisa jadi bumper untuk berbagai tekanan. Dari perorangan maupun politisi. Termasuk dari parlemen.

Ia tipe orang yang menyediakan diri untuk jadi benteng. Demi kepentingan seorang presiden.

Menteri agama juga orangnya Luhut Panjaitan. Meski resminya orang Partai Hanura. Penetapan Fachrul Razi sebagai menteri agama bisa menghilangkan tekanan kiri kanan --Muhammadiyah atau NU.

Ia seorang jenderal. Kopassus. Purnawirawan. Taat beragama. Dari Aceh pula.

Kini menteri agama kembali di tangan tentara. Jenderal Fachrul Razi merupakan tentara ketiga yang menjadi menteri agama. Setelah Alamsyah Ratu Perwiranegara dan Tarmizi Tahir.

Kabinet baru tentu tidak memuaskan semua orang. Apalagi semua partai. Namun terlihat Presiden Jokowi bisa keluar dari tekanan banyak pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News