Kabupaten dan Kota agar Kedepankan UMK

Kabupaten dan Kota agar Kedepankan UMK
Kabupaten dan Kota agar Kedepankan UMK
JAKARTA - Menteri Negara Koperasi dan UMKM Suryadharma Ali, menekankan agar pemerintah kabupaten dan kota dapat mengedepankan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) demi menggerakkan ekonomi kerakyatan. "Upaya ini agar mereka tidak tergeser dengan pasar modern," ujarnya, usai mengunjungi stand di acara Kabupaten Expo (Kabex) 2009, di JHCC, Kamis (18/6).

Di sisi lain, kata Surdharma pula, ekspansi pasar modern seperti hipermarket, supermarket dan minimarket di wilayah kabupaten/kota, memang tidak bisa dihindari. "(Makanya) saya menghimbau kepala daerah di kabupaten/kota, agar tetap memperhatikan kepentingan UMKM. Jadi, keberadaan pasar modern jangan sampai mematikan yang kecil," katanya.

Dipaparkan Suryadharma, keberadaan pasar modern memang menjadi dilema bagi pemerintah kabupaten/kota, karena menjadi salah satu indikator kemajuan suatu daerah. Untuk itulah, perlu adanya dukungan pemerintah daerah untuk melindungi pasar tradisional.

Dalam kaitan dengan itu katanya, perlu diterapkan konsep atau program kemitraan. Dalam hal ini, program kemitraan harus menjadi syarat mutlak untuk pemberian izin pendirian pasar-pasar modern di berbagai daerah. Sementara di sisi lain, UMKM juga harus dibina untuk menghasilkan produk yang memenuhi standar, sehingga bisa diarahkan untuk menjadi pemasok pasar modern, selain pasar tradisional yang sudah berjalan.

JAKARTA - Menteri Negara Koperasi dan UMKM Suryadharma Ali, menekankan agar pemerintah kabupaten dan kota dapat mengedepankan Usaha Mikro, Kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News